Rabu, 16 Mei 2012

Antisipasi Banjir, Ratusan TNI, Polisi da Masyarakat Citamiang Gotog Royong


 


Ratusan aparat TNI Kodim 0607 Sukabumi, kepolisian beserta masyarakat dan aparat kelurahan/kecamatan Citamiang menggelar gotong royong membersihkan aliran sungai Cisuda Kelurahan Nanggeleng, Jumat (11/5) belum lama ini. Pembersihan aliran sungai Cisuda tersebut dimulai dari Curug Cacih dan berakhir di belakang Perum Nanggeleng dengan jarak 1 km.

“Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini karena sangat jarang sekali, bahkan mereka rela turun langsung ke sungai untuk membersihkan sampah-sampah dan rumput liar,” kata Camat Citamiang Punjul Saepul Hayat.
Dijelaskannya, kegiatan ini selain untuk menumbuhkan kembali kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan juga untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir akbiat menumpuknya sampah di aliran sungai.
Menurutnya apabila sepanjang aliran sungai terjaga kebersihannya bisa bermanfaat untuk masyarakat yang berada di hilir, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengaliri sawah, cuci atau aktifitas lainnya. “Nantinya pun jika terawat aliran sungai ini bisa dipakai sebagai ekowisata,” ujarnya
Sementara itu Pasiter Kodim 0607 Sukabumi Kapt. Djamaludin mengatakan, kegiatan ini sebagai rangakaian peringatan HUT Kodam III Siliwangi ke 66 yang menggelar berbagai kegiatan seperti donor darah, pembersihan aliran sungai dan lainnya di masing-masing koramil di Sukabumi.
“Khusus untuk pembersihan sungai oleh anggota Kodim di pusatkan di sini,” katanya.
Diungkapkannya, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk mencegah terjadinya berbagai bencan alam khususnya banjir. Bukan itu saja dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian warga betapa pentingnya menjaga kelestarian alam khususnya aliran sungai.

sukabumiOnlinenews 

0 komentar:

Posting Komentar